RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 10 Magelang
Kelas / Semester : VIII (delapan)/Semester 1
Mata Pelajaran : Fisika
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 5.5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Indikator
I. Kogniif
1. Mendeskripsikan pengertian tekanan.
2. Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
3. Merumuskan persamaan tekanan berdasarkan hasil percobaan.
4. Menentukan faktor faktor yang berpengaruh terhadap tekanan.
5. Mengaplikasikan prinsip tekanan dalam kehidupan sehari hari.
II. Psikomotor
1. Melakukan percobaan tekanan pada zat padat.
III. Afektif
1. Karakter: berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun.
2. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain.
B. Tujuan pembelajaran
I. Kognitif
· Produk
1. Dengan kalimat sendiri siswa dapat mendeskripsikan pengertian tekanan.
2. Melalui percobaan siswa dapat mengetahui hubungan tekanan dengan luas penampang dan gaya.
3. Berdasarkan percobaan siswa dapat merumuskan persamaan tekanan.
4. Siswa dapat menyebutkan faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan.
5. Disajikan permasalahan sehari hari yang berhubungan dengan tekanan, siswa dapat menggunakan persamamaan untuk memecahkannya.
· Proses
Disediakan seperangkat alat percobaan tekanan, siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan pada zat padat sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi: Merumuskan masalah, Merumuskan hipotesis, Mengidentifikasi variable-variabel, Menyusun data percobaan, Mengkomunikasikan data percobaan, Menganalisis data, Menyimpulkan
II. Psikomotorik:
Siswa terampil melakukan percobaan tekanan pada zat padat.
III. Afektif:
1. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter.
2. Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ketrampilan sosial.
C. Materi pembelajaran
Tekanan
Tekanan merupakan besarnya gaya persatuan luas. Satuan dari tekanan adalah .
Tekanan pada zat padat
Ketika kamu mendorong paku di atas plastisin, berarti kamu telah memberikan gaya pada paku. Besarnya tekanan paku pada plastisin bergantung pada besarnya dorongan (gaya) yang kamu berikan dan luas bidang tekannya. Semakin besar gaya tekan yang kamu berikan, semakin besar pula tekanan yang terjadi. Namun, semakin besar luas bidang tekan suatu benda maka semakin kecil tekanan yang terjadi. Dengan demikian, tekanan berbanding lurus dengan gaya tekan dan berbanding terbalik dengan luas bidang tekan. Secara matematis, besaran tekanan dapat dituliskan dalam persamaan sebagai berikut.
Dengan
p = tekanan (N/ )
F = gaya tekan (N)
A = luas bidang ( )
Satuan tekanan dalam sistim internasional (SI) adalah N/ . Satuan ini juga disebut pascal (Pa).
1 Pa = 1 N/
Setelah mengetahui bahwa besar tekanan dipengaruhi oleh gaya dan luas bidang, sekarang kamu dapat mengetahui mengapa paku dibuat runcing, kaki bebek mempunyai selaput, dll. Oleh sebab itu, dengan memperkecil luas bidang tekan merupakan upaya untuk memperbesar tekanan. Alat alat seperti kampak, pisau, paku dan jarum sengaja dibuat dengan memperkecil luas bidang tekannya untuk mendapatkat tekanan yang jauh lebih besar
D. Alokasi waktu
2 x 40 menit
E. Model dan metode pembelajaran
Model Pembelajaran: Student Center Learning
Metode Pembelajaran: Diskusi kelompok, Ceramah, dan Eksperimen.
F. Kegiatan belajar mengajar
PERTEMUAN PERTAMA (2 X 40 Menit)
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit)
Apresepsi dan motivasi
· Mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari hari siswa dengan bertanya:
Ø mengapa bebek tidak terperosok saat berjalan di lumpur?
Ø Mengapa ujung bawah paku dibuat lebih lancip?
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
· Menanyakan mengapa lebih mudah memotong dengan pisau yang tajam dibandingkan dengan pisau yang tumpul?
Elaborasi
· Difasilitasi oleh guru, siswa mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan yang ditemukan pada LKS. Siswa diminta membentuk kelompok dengan anggota 5 siswa secara heterogen untuk mengerjakan LKS (percobaan tekanan).
· Guru menyiapkan alat percobaan yang akan digunakan. Kemudian alat tersebut dibagikan kepada tiap kelopok.
· Siswa bersama dengan kelompoknya melakukan percobaan sesuai petunjuk pada LKS dan mencatat data yang diperoleh.
· Siswa mendiskusikan hasil percobaan dengan teman sekelompoknya
· Setiap kelompok menjawab pertanyaan pertanyaan yang terdapat pada LKS kemudian memaparkannya di depan kelas.
Konfirmasi
· Guru memoderatori diskusi kelas: ada kelompok menyampaikan pendapat; sementara kelompok lain menanggapi pendapat dan menjadi pendengar yang baik(guru menilai siswa).
c. Penutup (15 menit)
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil percobaan.
Ø apa pengertian tekanan?
Ø Bagaimana hubungan tekanan dengan luas penampang dan gaya?
Ø Bagaimana persamaan tekanan pada zat padat?
Ø Apa faktor yang mempengaruhi tekanan?
Ø Bagaimana aplikasi tekanan pada zar padat dalam kehidupan sehari hari?
· Guru dan siswa membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
G. Penilaian Hasil Belajar
Teknik :Penilaian Produk
Penilaian Kinerja
Penilaian Afektif
H. Sumber Belajar
a. Buku IPA “tekanan”
b. Seperangkat alat percobaan tekanan.
· plastisin.
· 3 buah paku.
· 3 buah beban.
c. LKS
Magelang, 22 Agustus 2011
Guru Pembimbing Guru Praktikan
Nunuk Sri Pamungkas Siwi, S.Pd Khorfid Vazriz Zaki
NIP. 19670204 199003 2 005 NIM.4201408063
Mengetahui
Kepala Sekolah
Kustomo, S.Pd
NIP.19631231 198503 1 113
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
“TEKANAN ZAT PADAT”
KELOMPOK : ......................................................
NAMA : 1. ..................................................
2. ..................................................
3. ..................................................
4. ..................................................
5. ...................................................
6. ………………………………...
I. Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar
5.5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
III. Tujuan
1. Dengan kalimat sendiri siswa dapat mendeskripsikan pengertian tekanan.
2. Melalui percobaan siswa dapat mengetahui hubungan tekanan dengan luas penampang dan gaya.
3. Berdasarkan percobaan siswa dapat merumuskan persamaan tekanan.
4. Siswa dapat menyebutkan faktaor factor yang mempengaruhi besarnya tekanan.
5. Disajikan permasalahan sehari hari yang berhubungan dengan tekananan, siswa dapat menggunakan persamaan untuk memecahkannya.
A. Alat dan Bahan:
· Plastisin
· Beban 3 buah (buku tulis)
· Paku
B. Petunjuk Kegiatan :
1. Menyiapkan plastisin dengan bentuk balok.
2. Ambilah paku lalu letakan di atas plastisin dengan posisi ujung runcing dibawah.
3. Letakan beban (buku tulis) diatas paku tersebut, lalu ukur kedalaman paku yang menancap ke plastisin.
4. Ulangi kegiatan 3 dengan beban 2 dan 3 buah buku.
5. Catatlah hasil percobaan di tabel pengamatan.
6. Ulangi kegiatan 2 sampai 6, untuk ujung tumpul dibawah.
C. Data percobaan
NO | Beban | Posisi paku | Kedalaman | Posisi paku | Kedalaman |
1 | 1 Buku | Runcing di bawah |
| Tumpul di bawah |
|
2 | 2 Buku | Runcing di bawah |
| Tumpul di bawah |
|
3 | 3 Buku | Runcing di bawah |
| Tumpul di bawah |
|
Ket:
+ : Dangkal
++ : Sedang
+++ : Dalam
D. Pertanyaan
1. Paku yang berujung runcing mampunyai luas penampang (A)……………………. (lebih kecil / lebih besar ) dari pada paku yang ujungnya tumpul.
2. Untuk massa beban yang sama, lebih dalam manakah paku menancap untuk posisi paku runcing dibawah dan posisi paku tumpul di bawah?
................................................................................................................................
................................................................................................................................
3. Dari pertanyaan nomer 2 , tekanan (p)………………………….(sebanding/berbanding terbalik) dengan luas penampang(A). Sehingga dapat dituliskan secara matematis:
P ∞
4. Semakin berat massa beban yang diberikan maka gaya yang menekan semakin……………. .
5. Untuk posisi yang sama (ujung yang dibawah sama), lebih dalam manakah paku yang menancap ketika diberi beban satu buku dengan tiga buku?
................................................................................................................................
6. Dari pertanyaan nomer 5, tekanan (p)................................................ (sebanding / berbanding terbalik) dengan besarnya gaya (F) yang diberikan. Sehingga dapat dituliskan secara matematis:
p ∞ .....................
7. Dari pertanyaan nomer 3 dan 6 dapat diketahui:
p ∞ dan p ∞ .....................
Sehingga dapat dituliskan:
8. Satuan untuk luas penampang (A) adalah dan satuan dari gaya (F) adalah N, sehingga satuan untuk tekanan (p) adalah
9. Berdasarkan percobaan diketahui tekanan dipengaruhi oleh............................dan.....................
10. Untuk mendapatkan tekanan yang besar kita dapat ................................... (memperbesar / memperkecil) gaya (F) dan ................................ (memperbesar / memperkecil) luas penampang (A).
11. Jadi setelah kita melakukan percobaan dapat diketahui tekanan adalah...........................................................................................................................................................................................................................................................................
12. Sebutkan tiga contoh aplikasi tekanan pada zat padat yang ada di sekitar kalian!
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
EVALUASI
I. Kognitif
1. Besarnya gaya persatuan luas disebut tekanan (p) yang mempunyai satuan... .
a.
b.
c.
d.
2. Bagaimanakah cara untuk mendapatkan tekanan yang besar... .
a. Memperbesar gaya dan memprebesar luas penampangnya.
b. Memperbesar gaya dan memperkecil luas penampangnya.
c. Memperkecil gaya dan memperbesar luas penampangnya.
d. Memperkecil gaya dan memperkecil luas penampangnya.
3. Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tekanan... .
a. Gaya.
b. Luas penampang.
c. Gaya dan luas penampang.
d. Massa jenis.
4. Jika sebuah persegi yang mempunyai sisi 3 m diberi gaya sebesar 9 N. Berapakah tekanan yang dihasilkan... .
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
5. Salah satu contoh aplikasi tekanan pada kehidupan sehari hari adalah... .
a. Penggunaan karet untuk ban mobil.
b. Permukaan amplas yang kasar.
c. Penggunaan pisau yang tajam untuk mengiris.
d. Penggunaan gerenda untuk menajamkan pisau.
LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF
Nama:...............
No. | Aspek sikap | Skala sikap | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
Karakter |
|
|
|
|
| |
1 | Logis |
|
|
|
|
|
| Berpendapat yang didasari argument , Membuat hubungan sebab akibat , Aktivitas yang dilakukan memiliki tujuan yang jelas |
|
|
|
|
|
2 | Berpikir kreatif |
|
|
|
|
|
| Melakukan tindakan yang bersifat analisis , Melakukan tindakan yang bersifat sintesis , Mampu menentukan pilihan yang dianggap paling baik , Mampu menciptakan alternatif yang lebih baik |
|
|
|
|
|
3 | Jujur |
|
|
|
|
|
| Melakukan kegiatan (mengamati, mencatat, menyimpulkan- keterampilan proses) dengan obyektif , Berargumen secara obyektif |
|
|
|
|
|
4 | Bekerja teliti |
|
|
|
|
|
| Dalam melaksanakan praktikum hendaknya harus lebih teliti lagi |
|
|
|
|
|
5 | Cekatan |
|
|
|
|
|
| Dalam melaksanakan praktikum hendaknya lebih cekatan agar cepat terselesaikan |
|
|
|
|
|
6 | Ulet |
|
|
|
|
|
| Senantiasa bersikap ulet agar masalah dalam praktikum cepat terselesaikan |
|
|
|
|
|
7 | Bertanggung jawab |
|
|
|
|
|
| Bertanggung jawab saat melaksanakan praktikum serta saat membuat laporan |
|
|
|
|
|
8 | Peduli |
|
|
|
|
|
| Peduli saat teman sedang mempresentasikan hasil praktiukum yang sudah diperoleh |
|
|
|
|
|
9 | Berperilaku santun |
|
|
|
|
|
| Bersikap santun saat praktikum serta diskusi berlangsung |
|
|
|
|
|
Keterampilan Sosial |
|
|
|
|
| |
1 | Bekerjasama, |
|
|
|
|
|
| Bekerjasama sesame anggota kelompok saat praktikum berlangsung |
|
|
|
|
|
2 | Menyampaikan pendapat, |
|
|
|
|
|
| Menyampaikan pendapat saat anggota kelompok lain mempresentasikan hasil praktikumnya |
|
|
|
|
|
3 | Menjadi pendengar yang baik, |
|
|
|
|
|
| Menjadi pendengar yang baik saat diskusi sedang berlangsung |
|
|
|
|
|
4 | Menanggapi pendapat orang lain |
|
|
|
|
|
| Menanggapi pendapat dari teman yang lain saat sedang berdiskusi |
|
|
|
|
|
Keterangan :1=sangat kurang,2=kurang,3=cukup,4=baik,5=sangat baik
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK
Lembar Penilaian Kinerja
No | Nama Siswa | Tugas | Kerja Ilmiah | Diskusi | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 |
| ü |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
No | Nama Siswa | Tugas | Kerja Ilmiah | Diskusi | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :1=sangat kurang,2=kurang,3=cukup,4=baik,5=sangat baik
Terimakasih kk,,, untuk bahan referensi
BalasHapusThanks verry much
BalasHapus