Senin, 13 Juni 2011

skenario pembelajaran fisika gerak melingkar

Nama : Khorfid Vazriz Zaki

NIM : 4201408063

Prodi : Pend. Fisika

Pokok bahasan : Gerak Melingkar Beraturan

Kelas : X

Metode mengajar : Model demontrasi

Alat yang digunakan : Seutas tali yang diberi bandul

Pelaksanaan pembelajaran:

GURU

SISWA

A. MEMBUKA PELAJARAN

1

Motivasi:

- Guru bercerita tentang gerak melingkar .

- Apakah kalian pernah melihat gerak melingkar?

- Apakah gerak melingkar itu?

- Pernah, gerakan roda sepeda, kincir angin, dll

2

Apresiasi:

-Masih ingatkah kalian bila mana benda dikatan bergerak?

-Pada gerak lurus, bagaimanakah lintasannya?

- Benda bergerak jika benda itu mengalami perubahan posisi terhadap titik acuan.

-Lurus

B. INTI PELAJARAN

1

(Guru memutar benang berbandut tersebut)

- Apakah bandu ini dapat dikatan bergerak?

( Siswa diam)

2

- Perhatikan!!(Guru memutar bandul dengan lambat)Apakah bandul ini mengalami perubahan posisi?

- Ya

3

- Jadi apakah bandul ini pergerak?

- Ya

4

- (Guru kembali memutar bandul) Sekarang coba kalian perhatikan bagaimana lintasan dari bandul ini, berbentuk apakah lintasannya?

- Lingkaran

5

- Oke, jadi bandul ini mengalami perpindahan posisi sehinga dapat dikatakan bergerak. Lintasan dari bandul ini berupa lingkaran. Jadi apakah gerak melingkar itu?

- Gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran.

6

- Coba perhatikan kemari(Guru memutar bandul tersebut satu kali) Perlu waktukah bandul ini untuk melakukan satu kali putaran?

- Perlu

7

- Ada yang tahu waktu untuk melakukan satu kali putaran disebut apa?

- Diam

8

- Kita ingat pelajaran yang lalu, apa itu periode?

- Waktu untuk melakukan satu kali getaran.

9

- Pada gerak melingkar yang ada bukan getaran tetapi putaran, jadi waktu untuk melakukan satu kali putaran dapat disebut periode? (Guru menulis pengertian periode di papan tulis)

- Ya

10

- Sekarang jika bapak memutar bandul ini dalam waktu 10 s dan diperoleh 20 putaran, berapakah periodenya?(siswa diberi waktu untuk menghitung)

- Pak

11

- Betul. Sekarang cari berapa putaran dalam satu detiknya!! (memberikan waktu siswa untuk menghitung)

- 2 putaran/detik Pak

12

- Apakah ada yang tahu istilah untuk banyaknya putaran per detik?

- (diam)

13

- Pada pelajaran yang lalu, apakah itui frekuensi?

- Banyaknya getaran per detik

14

- Jadi dalam gerak melingkar, dapatkah putaran per detik disebut frekuensi? (Guru menuliskan pengertian frekuensi di papan tulis)

- Bisa Pak.

15

- Pada pelajartan yang lalu, masih ingatkah apa itu kecepatan?

- Jarak yang di tempuh/waktu tempuh

16

- Coba Perhatikan! ( Sambil memutar bandul satu kali putaran) Berapakah banjang lintasan yang ditempuh bandul ini?

- (diam)

17

- Kita ingat lagi, bentuk lintasan dari bandul ini apa?

- Lingkaran

18

- Apakah bandul ini melintasi sepanjang keliling lingkaran tersebut?

- Ya

19

- Apakah panjang lintasn bandul ini sama dengan keliling lingkaran tersebut?

- Iya

20

- Berapa besar keliling lingkaran?

-

21

- Kita tahu, kecepatan adalah jarak/waktu tempuh, jaraknya adalah dan waktu tempuh merupakan periodanya, sehingga bagaimana rumusannya? (Guru sambil menulis persamanan tersebut di papan tulis)

-

22

- V disebut kecepatan linear.

23

- Apakah bandul tersebut hanya mempunyai kecepatan linear saja?

- (diam)

24

- Perhatikan! (sambil memutar satu kali bandul tersebut) Apakah bandul ini menempu sudut dari lingkaran?

- Ya

25

- Berapa besar sudut lingkaran?

-

26

- Jadi berapa kecepatan sudutnya?

-

27

- Betul sekali, kecepatan sudut dilambangkan dengan ɷ, jadi bagaimana kec sudut itu? (sambil menulis di papan tulis)

-

C. PENUTUP PELAJARAN

1

Kesimpulan

(guru bertanya tentang)

- Apakah gerak melingkar itu?

- Apakah gerak melingkar beraturan itu?

- Bagaimana percepatan dan kecepatan pada gerak melingkar beraturan?

Menjawab pertanyaan guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar