RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
GEJALA
ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK
Sekolah : SMP Negeri 2 Kemangkon
Kelas /
Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata
Pelajaran : IPA Biologi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan.
Kompetensi
Dasar : 5.1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan
sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotic dan abiotik.
A.
Indikator Pencapaian Kompetensi
I.
Kogniif
1.
Membedakan objek biotic dan abiotik.
2.
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
objek abiotic melalui pengamatan.
3.
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada
objek biotic melalui pengamatan.
II. Psikomotorik
Melakukan kegiatan pengamatan.
1.
Merancang
percobaan
2.
Melakukan
percobaan
3.
Mengamati
4.
Menginterpretasi
data
5.
Menganalisis
data
6.
Menarik
kesimpulan
7.
Mengkomunikasikan
III.
Afektif
1.
Karakter:
Berpikir ilmiah, kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, cekatan,
ulet dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun.
2.
Keterampilan
sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, dan menanggapi pendapat
orang lain.
B.
Tujuan
pembelajaran
I.
Kognitif
1.
Membedakan objek biotic dan abiotik.
2. Membandingkan
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotic melalui pengamatan.
3. Membandingkan
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotic melalui pengamatan.
II. Psikomotorik
Disediakan
gambar tentang benda biotic dan abiotik, siswa dapat menggolongkannya menurut
lokasinya. Disediakan pula gambar gejala alam
biotic dan abiotik, kemudian siswa menjelaskan proses terjadinya.
III. Afektif
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan
karakter berpikir ilmiah, kreatif,
kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, cekatan , ulet dan berperilaku
santun.
2.
Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan
aktif menyampaikan pendapat, dan
menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi.
C.
Materi
pembelajaran
GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK
Pengamatan
Gejala Biotik dan Abiotik
Perhatikan lingkungan sekitar sekolah atau rumahmu! Apa yang
kamu lihat? Di lingkunganmu ada berbagai jenis tumbuhan, hewan, bahkan mungkin
mikroorganisme. Selain itu di sekitarmu juga ditemukan air, tanah, udara,
cahaya matahari, suhu, kelembaban, maupun bebatuan. Berbagai jenis tumbuhan,
hewan, dan mikroorganisme merupakan makhluk hidup dan disebut sebagai komponen
biotik. Benda-benda seperti air, tanah, udara, cahaya matahari, suhu,
kelembaban, maupun bebatuan merupakan benda tak hidup dan disebut sebagai
komponen abiotik. Gejala biotik dan abiotik merupakan keadaan lingkungan di
sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan makhluk hidup maupun benda tak
hidup.
Gejala biotik dan
abiotik saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Kejadian yang terjadi pada
komponen biotik akan berpengaruh terhadap komponen abiotik, demikian
sebaliknya. Contohnya kasus banjir, air sebagai komponen abiotik yang merupakan
komponen vital yang dibutuhkan makhluk hidup justru sebagai penyebab banjir.
Hal ini dapat terjadi karena kurangnya lahan resapan akibat penggundulan hutan
atau penebangan tanaman (komponen biotik), belum lagi kebiasaan buruk manusia
terhadap lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir. Akibat dari banjir tentu
saja merugikan seluruh lapisan masyarakat. Coba kamu sebutkan contoh lainnya.
D. Alokasi waktu
2
x 40 menit
E. Model dan metode pembelajaran
Model
Pembelajaran: pembelajaran kooperatif
Metode
Pembelajaran: Jigsaw & Diskusi.
F.
Kegiatan belajar mengajar
Guru
|
Siswa
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
10’
|
|
Apresepsi
·
Guru bertanya tentang materi yang akan
dibahas..
-
Apa yang kamu temukan ketika berjalan jalan disekitar
sekolah?
|
·
Menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru.
-
Menyebutkan
benda benda disekitar sekolah..
|
5’
|
Motivasi
·
Memberikan motifasi kepada siswa agar tertarik
mengikuti pelajaran.
-
Hari ini kita akan belajar tentang benda benda
yang ada disekitar kita beserta gejala gejalanya..
|
·
Mendengarkan
penjelasan guru.
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
60’
|
|
·
Guru mebagi siswa dalam 5 kelompok.
|
·
Siswa
mengelompok sesuai perintah guru.
|
5’
|
·
Guru membagi siswa yang sudah berkelompok
kedalam 2 kelompok ahli
|
·
Siswa
mengikuti intruksi dari guru.
|
5’
|
·
Guru membagikan bahan ajar kepada setiap
kelompok ahli, dan meminta untuk menyelesaikan perintah dalam bahan ajar.
(mencari
contoh diluar kelas)
|
·
Siswa
melakukan perintah dalam bahan ajar.
(siswa keluar kelas)
|
10’
|
·
Guru meminta siswa kembali kekelompok asal
untuk bertukar informasi.
|
·
Siswa
kembali kekelompok asal dan bertukar informasi.
|
10’
|
·
Guru
memberikan gambar suatu tempat dan gambar macam-macam benda biotic dan
abiotik. Guru menyuruh siswa untuk memilih benda-benda yang sesuai dengan
tempat yang didapat.
|
·
Siswa
melaksanakan perintah guru.
|
10’
|
·
Guru
mebagikan kembali contoh gejala alam biotic dan abiotik, kemudian siswa
diminta menerangkan proses terjadinya gejala alam tersebut.
|
·
Setiap
kelompok melaksanakan perintah guru.
|
10’
|
·
Guru
meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kerja.
|
·
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok.
|
10’
|
·
Guru
meminta siswa untuk memajang hasil kerja.
|
·
Setiap
kelompok menempel hasil kerja di tempat yang ditentukan.
|
|
·
Guru
menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
|
·
Siswa mendengarkan kesimpulan guru.
|
|
Penutup
|
10’
|
|
·
Guru meminta siswa menilai hasil karya yang
dipajang.
|
·
Siswa menilai hasil karya.
|
5’
|
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
dengan hasil karya terbaik.
|
·
Kelompok menerima penghargaan.
|
5’
|
G. Penilaian Hasil Belajar
Teknik :Penilaian Hasil
Belajar Kognitif
Penilaian Hasil Belajar Psikomotor
Penilaian Hasil Belajar Afektif
H.
Sumber
Belajar
a. Buku
IPA kelas VII
b. Gambar
objek biotic dan abiotik..
Mengetahuai Kemangkon, Agustus 2013
Kepala Sekolah SMP N 2 Kemangkon Guru
Matapelajaran IPA
Ibnu Haris
Abantara, S.Pd. Khorfid Vazriz
Zaki, S.Pd.
NIP. 19640326 198903 1 004 NIP.
-
Tugas Kelompok
1. Apa yang kalian ketahui tentang benda
biotic dan benda abiotik? Berilah contohnya!
2. Apa yang kalian ketahui tentang
gejala alam biotic dan gejala alam abiotik? Berilah contohnya!
3. Ambilah amplop yang berisi gambar suatu
tempat, lalu ambilah 5 gambar objek biotic dan 5 gambar objek biotic yang
sesuai dengan gambar tempat yang kalian dapat!
4. Ambilah amplop yang berisi gejala
alam biotic/ abiotik lalu jelaskan proses dari gejala alam tersebut!
Tugas Kelompok
1. Apa yang kalian ketahui tentang benda
biotic dan benda abiotik? Berilah contohnya!
2. Apa yang kalian ketahui tentang
gejala alam biotic dan gejala alam abiotik? Berilah contohnya!
3. Ambilah amplop yang berisi gambar
suatu tempat, lalu ambilah 5 gambar objek biotic dan 5 gambar objek biotic yang
sesuai dengan gambar tempat yang kalian dapat!
4. Ambilah amplop yang berisi gejala
alam biotic/ abiotik lalu jelaskan proses dari gejala alam tersebut!
Tlg mas diposting silabus n rpp kls VII semester 2 klu bisa yg pake eksplorasi,elaborasi, n konfirmasi, makasih sebelumx
BalasHapus