Rabu, 06 November 2013

RPP Biologi Biotik dan Abiotik SMP Kelas 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK

Sekolah                        :    SMP Negeri 2 Kemangkon
Kelas / Semester          :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran           :    IPA Biologi
Alokasi Waktu            :    2  x 40 menit
Standar Kompetensi   :    5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar      : 5.1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotic dan abiotik.
A.    Indikator Pencapaian Kompetensi
I.    Kogniif
1.      Membedakan objek biotic dan abiotik.
2.      Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotic melalui pengamatan.
3.      Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotic melalui pengamatan.
II. Psikomotorik
Melakukan kegiatan pengamatan.
1.      Merancang percobaan
2.      Melakukan percobaan
3.      Mengamati
4.      Menginterpretasi data
5.      Menganalisis data
6.      Menarik kesimpulan
7.      Mengkomunikasikan


III.    Afektif
1.      Karakter: Berpikir ilmiah, kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, cekatan, ulet dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun.
2.      Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, dan menanggapi pendapat orang lain.

B.     Tujuan pembelajaran     
I.       Kognitif
1.  Membedakan objek biotic dan abiotik.
2. Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotic melalui pengamatan.
3. Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotic melalui pengamatan.

II.    Psikomotorik
Disediakan gambar tentang benda biotic dan abiotik, siswa dapat menggolongkannya menurut lokasinya. Disediakan pula gambar gejala alam biotic dan abiotik, kemudian siswa menjelaskan proses terjadinya.
III. Afektif
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir ilmiah, kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, cekatan , ulet dan berperilaku santun.
2.       Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi.

C.    Materi pembelajaran
GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK

Pengamatan Gejala Biotik dan Abiotik
         Perhatikan lingkungan sekitar sekolah atau rumahmu! Apa yang kamu lihat? Di lingkunganmu ada berbagai jenis tumbuhan, hewan, bahkan mungkin mikroorganisme. Selain itu di sekitarmu juga ditemukan air, tanah, udara, cahaya matahari, suhu, kelembaban, maupun bebatuan. Berbagai jenis tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme merupakan makhluk hidup dan disebut sebagai komponen biotik. Benda-benda seperti air, tanah, udara, cahaya matahari, suhu, kelembaban, maupun bebatuan merupakan benda tak hidup dan disebut sebagai komponen abiotik. Gejala biotik dan abiotik merupakan keadaan lingkungan di sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan makhluk hidup maupun benda tak hidup.
Gejala biotik dan abiotik saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Kejadian yang terjadi pada komponen biotik akan berpengaruh terhadap komponen abiotik, demikian sebaliknya. Contohnya kasus banjir, air sebagai komponen abiotik yang merupakan komponen vital yang dibutuhkan makhluk hidup justru sebagai penyebab banjir. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya lahan resapan akibat penggundulan hutan atau penebangan tanaman (komponen biotik), belum lagi kebiasaan buruk manusia terhadap lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir. Akibat dari banjir tentu saja merugikan seluruh lapisan masyarakat. Coba kamu sebutkan contoh lainnya.
D.    Alokasi waktu
2 x 40 menit

E.     Model dan metode pembelajaran                     
Model Pembelajaran:       pembelajaran kooperatif
Metode Pembelajaran:     Jigsaw & Diskusi.
F.     Kegiatan belajar mengajar
Guru
Siswa
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
10’
Apresepsi
·         Guru bertanya tentang materi yang akan dibahas..
-          Apa yang kamu temukan ketika berjalan jalan disekitar sekolah?

·        Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.

-          Menyebutkan benda benda disekitar sekolah..
5’
Motivasi
·         Memberikan motifasi kepada siswa agar tertarik mengikuti pelajaran.
-          Hari ini kita akan belajar tentang benda benda yang ada disekitar kita beserta gejala gejalanya..

·        Mendengarkan penjelasan guru.
5’
Kegiatan Inti
60’
·         Guru mebagi siswa dalam 5 kelompok.
·        Siswa mengelompok sesuai perintah guru.
5’
·         Guru membagi siswa yang sudah berkelompok kedalam 2 kelompok ahli
·        Siswa mengikuti intruksi dari guru.
5’
·         Guru membagikan bahan ajar kepada setiap kelompok ahli, dan meminta untuk menyelesaikan perintah dalam bahan ajar.
(mencari contoh diluar kelas)
·        Siswa melakukan perintah dalam bahan ajar.
(siswa keluar kelas)
10’
·         Guru meminta siswa kembali kekelompok asal untuk bertukar informasi.
·        Siswa kembali kekelompok asal dan bertukar informasi.

10’
·         Guru memberikan gambar suatu tempat dan gambar macam-macam benda biotic dan abiotik. Guru menyuruh siswa untuk memilih benda-benda yang sesuai dengan tempat yang didapat.
·        Siswa melaksanakan perintah guru.

10’
·         Guru mebagikan kembali contoh gejala alam biotic dan abiotik, kemudian siswa diminta menerangkan proses terjadinya gejala alam tersebut.
·        Setiap kelompok melaksanakan perintah guru.
10’
·         Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kerja.
·        Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok.
10’
·         Guru meminta siswa untuk memajang hasil kerja.
·        Setiap kelompok menempel hasil kerja di tempat yang ditentukan.

·         Guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·        Siswa mendengarkan kesimpulan guru.
Penutup
10’
·         Guru meminta siswa menilai hasil karya yang dipajang.
·         Siswa menilai hasil karya.
5’
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan hasil karya terbaik.
·         Kelompok menerima penghargaan.
5’


G.    Penilaian Hasil Belajar
Teknik        :Penilaian Hasil Belajar Kognitif
                  Penilaian Hasil Belajar Psikomotor
                  Penilaian Hasil Belajar Afektif

H.     Sumber Belajar
a.       Buku IPA kelas VII
b.       Gambar objek biotic dan abiotik..

Mengetahuai                                                                           Kemangkon,    Agustus 2013
Kepala Sekolah SMP N 2 Kemangkon                                   Guru Matapelajaran IPA



Ibnu Haris Abantara, S.Pd.                                                     Khorfid Vazriz Zaki, S.Pd.
NIP. 19640326 198903 1 004                                                  NIP. -
                                               














Tugas Kelompok
1. Apa yang kalian ketahui tentang benda biotic dan benda abiotik? Berilah contohnya!
2. Apa yang kalian ketahui tentang gejala alam biotic dan gejala alam abiotik? Berilah contohnya!
3. Ambilah amplop yang berisi gambar suatu tempat, lalu ambilah 5 gambar objek biotic dan 5 gambar objek biotic yang sesuai dengan gambar tempat yang kalian dapat!
4. Ambilah amplop yang berisi gejala alam biotic/ abiotik lalu jelaskan proses dari gejala alam tersebut!





Tugas Kelompok
1. Apa yang kalian ketahui tentang benda biotic dan benda abiotik? Berilah contohnya!
2. Apa yang kalian ketahui tentang gejala alam biotic dan gejala alam abiotik? Berilah contohnya!
3. Ambilah amplop yang berisi gambar suatu tempat, lalu ambilah 5 gambar objek biotic dan 5 gambar objek biotic yang sesuai dengan gambar tempat yang kalian dapat!
4. Ambilah amplop yang berisi gejala alam biotic/ abiotik lalu jelaskan proses dari gejala alam tersebut!

1 komentar:

  1. Tlg mas diposting silabus n rpp kls VII semester 2 klu bisa yg pake eksplorasi,elaborasi, n konfirmasi, makasih sebelumx

    BalasHapus